Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Contoh Laporan Pratikum Kimia

Buat adik-adik kelas XII, pasti kalian disibukkan dengan kimia yang disuruh pratikum terus menerus,, itu dulu saya juga begitu jadi saya akan berbagi ilmu yang saya dapatkan dulu :) Dibawah ini adalah contohnya semoga dapat membantu ya...


PENGARUH KONSENTRASI TERHADAP LAJU REAKSI
II.   TUJUAN PRATIKUM
Mengetahui pengaruh konsentrasi terhadap laju reaksi.

III. DASAR TEORI
Laju reaksi dapat dipengaruhi oleh konsentrasi, luas permukaan, temperatur, dan katalis. Berdasarkan teori tumbukan, laju reaksi akan lebih cepat jika tumbukan antar partikel zat yang bereaksi lebih banyak.
Zat yang konsentrasinya besar mengandung jumlah partikel yang lebih banyak, sehingga partikel-partikelnya tersusun lebih rapat dibanding zat yang konsentrasinya rendah. Partikel yang susunannya rapat akan lebih sering bertumbukan dibanding dengan partikel yang susunannya renggang, sehingga kemungkinan terjadinya reaksi semakin besar.

IV. ALAT DAN BAHAN
A.   Alat :
1.    Tabung reaksi 4 buah
2.    Ampelas
3.    Stopwatch
4.    Gelas ukur
B.   Bahan :
1.    Larutan HCl 3 mL 0,5M; 3 mL 1M ; 3 mL 2M dan 3 mL 3M
2.    Pita magnesium, 4 potong (±2 cm)
V.   CARA KERJA
a.       Siapkan 4 tabung reaksi dan isilah dengan pita magnesium yang telah diampelas , beri nomor 1 4.
b.       Isilah tabung reaksi 1 dengan larutan HCl 0,5 M sebanyak 3 mL.
c.       Catatlah waktu  berlangsungnya reaksi dengan stopwatc, dimulai saat larutan HCl dituang sampai pita Mg habis bereaksi.
d.       Ulangi langkah tersebut untuk larutan HCL 1 M;2 M;3 M pada ke-3 tabung reaksi lainnya.
VI.  DATA PENGAMATAN  
No.
Reaktan
Waktu (detik)
Pengamatan
1
Pita Mg + HCl 0,5 M
32 detik
Terdapat gelembung
2
Pita Mg + HCL 1 M
23 detik
Terdapat gelembung
3
Pita Mg + HCl 2 M
20 detik
Terdapat gelembung
4
Pita Mg + HCl 3 M
15 detik
Terdapat gelembung

VII.  PEMBAHASAN
Percobaan yang dilakukan diatas, konsentrasi HCl ketiganya berbeda, sementara semua faktor lain dibuat sama, seperti volume HCl, massa HCl, serta suhu. Dari data diatas menunjukkan bahwa reaksi magnesium dengan HCl 3 M lebih cepat daripada reaksi magnesium dengan HCl 2 M. Maka dapat diketahui bahwa pengaruh konsentrasi terhadapat laju reaksi  dapat mempengaruhi cepat atau lambatnya laju reaksi. Agar suatu reaksi dapat berlangsung pertama-tama partikel zat-zat yang bereaksi haruslah bertumbukan. Dengan melakukan percobaan melarutkan pita magnesium ke dalam Konsentrasi larutan HCl yang memiliki perbedaan konsentrasi. Jadi kami dapat menyimpulkan bahwa jika konsentrasinya tinggi maka semakin mudah bertumbukan sehingga laju reaksi akan bertambah.
 Pertanyaan :
1.       Apa yang dimaksud dengan laju reaksi ?
2.       Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi !
3.       Jelaskan rumuasan hubungan konsentrasi pereaksi terhadap laju reaksi menurut Guldbergdan Waage !
4.       Bagaimana pengaruh konsentrasi larutan HCl terhadap laju reaksi pada percobaan di atas
VIII.            JAWABAN PERTANYAAN  
1.       Laju reaksi adalah perubahan konsentrasi zat dalam suatu reaksi persatuan waktu.
2.       faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi antara lain :
a. Konsentrasi                c. Luas permukaan bidang sentuh
b. Temperature               d. Katalis
3.       Hubungan konsentrasi preaksi terhadap laju reaksi menurut Guldberg dan Waage adalah berdasarkan sejumlah eksperimen yang pernah dilakukan , ternyata membuktikan bahwa bila dilakukan penambahan reaktan akan menyebabkan reaksi bejalan lebih lanjut, sedangkan penambahan zat akan menyebabkan terjadi reaksi kebalikannya. Kenyataan inilah dasar munculnya  Hukum Aksi Massa yang dikemukakan oleh Guldberg dan Waage.
Pada tahun 1864 Cato Maximilian Guldberg bekerja sama dengan iparnya yaitu Peter Waage dalam merumuskan aksi massa. Mereka bedua bekerja sajma sejak tahun  1864-1867 dan mengemukakan bahwa laju reaksi pada suatu reaksi kimia yang homogeny sebanding dengan hasil kali konsentrasi reaktan(zat-zat yang bereaksi). Dalam keadaan kesetimbangan pada suhu tetap, kecepatan reaksi pembentukan hasil reaksi sama dengannkecepatn reaksi kebalikannya, yaitu penguraian hasil reaksi.. Dengan kata lain, hasil kali konsentrasi zat-zat hasil reaksi dibagi dengan hasil kali konsentrasi sisa pereaksi dimana masing-masing konsentrasi dipangkatkan sesuai koefisien reaksinya adalah tetap. Pernyataan inilah yang dikenal dengan Hukum Kesetimbangan
4.       Pengaruh Konsentrasi larutan HCl terhadap laju reaksi pada percobaan atas yaitu Semakin tinggi konsentrasi suatu larutan berarti semakin banyak molekul-molekul dalam setiap satuan luas ruangan, akibatnya tumbukan antar molekul semakin sering terjadi dan reaksi berlangsung semakin cepat. Sehingga konsentrasi larutan HCl terhadap laju reaksi sangat berpengaruh terhadap laju reaksi.

IX.       KESIMPULAN  
Berdasarkan percobaan diatas maka kami dapat menyimpulkan bahwa semakin besar konsentrasi larutan HCl, maka semakin cepat pula laju reaksinya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar